Menghilangkan Amandel

Menghilangkan Amandel
Menghilangkan Amandel
Gambar letak amandel


DEFINISI PENYAKIT AMANDEL
Menurut Carapedia
Amandel atau yang biasa juga disebut tonsil adalah sekumpulan jaringan limfoid yang terletak di kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel ini berfungsi untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan. Sehingga tidak heran bila amandel mengalami peradangan. Peradangan pada amandel ini lah yang di masyarakat umum sering disebut dengan penyakit amandel. 

Menurut Wikipedia
Radang amandel (bahasa Inggris: tonsillitis) adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam.
Secara klinis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan (disfagia)
Kapan amandel harus dibedah? Para ahli masih belum satu pendapat mengenai ini, namun umumnya literatur klinik membagi indikasi pembedahan radang amandel (tonsilektomi) atas 2 yaitu:
  1. Absolut (mutlak: harus dibedah)
  2. Relatif (tidak mutlak: sebaiknya dibedah)

PENYEBAB PENYAKIT AMANDEL
Penyebab penyakit amandel adalah kuman golongan Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes. Pada individu yang rentan, peradangan dapat disebabkan oleh faktor lain selain infeksi kuman itu sendiri. 
Faktor yang lain tersebut antara lain :
- Debu
- Asap rokok
- Makanan berminyak
- Kelelahan
- Cuaca
- Buah-buahan


Komplikasi Radang Amandel
Komplikasi yang sering terjadi adalah radang tenggorokan, infeksi pada saluran telinga maupun hidung dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan gangguan pada jalan nafas atas.

Komplikasi lain yang sangat mungkin terjadi adalah timbulnya abses peritonsiler atau yang disebut dengan quinsy. Penyebabnya adalah terdorongnya sekelompok bakteri karena adanya jaringan baru. Mudah mengenali orang yang menderita penyakit ini. Pertama nafasnya bau, yang kedua, kepala penderita akan cenderung miring ke satu sisi untuk mengurangi rasa sakit.
 
 
GEJALA  DAN TANDA PENYAKIT AMANDEL:
  • Merasakan nyeri pada bagian tenggorokan
  • Susah menelan makanan
  • Tubuh demam, bahkan suhu tubuh bisa mencapai 40 derajal celcius
  • Klinis penderita lemah
  • Mengalami rasa gatal pada tenggorokan
  • Sendi terkadang terasa nyeri
  • Tidak memiliki nafsu makan
  • Pada kondisi tertentu mengalami nyeri pada bagian telinga
 
 
CARA MENCEGAH PENYAKIT AMANDEL:
Penyakit amandel bisa dihindari dan dicegah dengan cara mengkonsumsi banyak air putih, juice dari buah asli, serta susu terutama saat tubuh mulai demam. Menghindari terlalu sering minum es, gorengan, makanan yang diawetkan, serta makanan yang mengandung banyak penyedap rasa serta bahan kimia. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sumner antioksidan (beta karoten, vitamin C, serta vitamin E) yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
 
 
CARA MENGOBATI PENYAKIT AMANDEL:
Pada tahap awal, pengobatan penyakit amandel ini bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik golongan penisilin atau sulfonamide dalam waktu 5 hari berturut - turut. Selain itu, bila diperlukan, bisa juga diberikan obat penurun panas bila anak mulai merasa tidak nyaman. Pemberian obat kumur juga bisa mengurangi rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan.

Namun, apabila anak mengalami radang / sakit amandel yang berulang lenih dari 3x dalam setahun, maka itu merupakan suatu indikasi untuk segera dilakukan operasi pengangkatan tonsil / amandel  yang disebut sebagai operasi tonsilektomi.

CARA MENGOBATI RADANG AMANDEL DENGAN HERBAL (Secara Alami)


Berikut ini ada 3 bahan untuk membuat ramuan obat amandel :
1. Cara Pertama
Bahan-Bahan :
- 2 buah mengkudu
- Madu murni secukupnya

Cara Pemakaian :
- Buah mengkudu diperas terlebih dahulu, lalu saring
- Kemudian tambahkan sedikit air panas
- Setelah itu air perasan dimasukkan ke dalam gelas
- Tambahkan madu dan aduk sampai rata
- Gunakan untuk berkumur terlebih dahulu lalu ditelan
- Lakukan 3 kali sehari


2. Cara Kedua
Bahan-Bahan :
- 3 buah jeruk nipis
- Kapur sirih secukupnya

Cara Pemakaian :
- Jeruk nipis diperas dan ambil airnya
- Kemudian tambahkan sedikit kapur sirih
- Lalu aduk sampai bahan tercampur rata
- Minum sebelum tidur pada malam hari
- Lakukan selama 3 hari berturut-turut


3. Cara Ketiga
Bahan-Bahan :
- 15 gram kulit manggis kering
- 2 sendok teh minyak permen

Cara Pemakaian :
- Kulit manggis direbus dengan 2 botol air
- Diamkan hingga mendidih dan tersisa 1 botol
- Kemudian tetes minyak permen dan aduk hingga rata
- Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit lalu telan
- Lakukan secara rutin 3 kali sehari

CARA MENCEGAH TERJADINYA RADANG AMANDEL KAMBUH 
Sebaiknya minum air putih  sebanyak mungkin atau bisa diganti dengan sari buah. Hal ini sangat baik dilakukan selama demam.
Hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati radang amandel atau Tonsilitis adalah :
* Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam.
* Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan.
* Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari.
* Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
* diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.
* Istirahat yang cukup.

OPERASI AMANDEL
Foto ilustrasi operasi amandel

Tonsilektomi merupakan prosedur pembedahan di mana amandel Anda diangkat. Sebelum melakukan pengangkatan amandel, pastikan untuk membahas potensi efek samping pengangkatan amandel dengan dokter Anda. 
 
Agar Anda tidak merasa cemas, Berikut ini hal yang biasa terjadi setelah Anda melakukan tonsilektomi (Efek samping pasca operasi amandel):
 
Sakit
 
Setelah amandel diangkat, Anda akan mengalami rasa sakit, terutama di bagian belakang mulut atau tenggorokan. Ini mungkin tidak nyaman atau sulit bagi Anda untuk konsumsi makanan tertentu setelahtonsilektomi. Untuk mengurangi rasa sakit yang Anda alami saat makan, situs Patient UK menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan pedas, alkohol atau makanan panas, seperti sup. Nyeri bisa ringan sampai berat dan akan semakin mereda karena tubuh Anda akan menyembuhkan.
 
Perdarahan

Perdarahan kecil setelah tonsilektomi adalah normal dan dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti mual sementara. Jika Anda mengalami perdarahan yang berlebihan atau mulai muntah darah setelah amandel Anda diangkat, cari perawatan medis darurat segera. Situs The Better Health Channelmemperingatkan bahwa gejala-gejala mungkin tidak berkembang sampai sepekan setelah operasi.
 
Infeksi
Infeksi dapat berkembang di lokasi sayatan bedah Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa mengalami demam, kelelahan, nyeri tubuh, atau sakit kepala. Infeksi juga dapat menyebabkan bau busuk. Jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi setelah operasi amandel, cari perawatan medis darurat.
 
Rasa tidak nyaman

Proses pengeringan luka membentuk pada sayatan bedah saat Anda mulai penyembuhan. Ini  dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut Anda. Gejala ini akan mereda setelah tubuh Anda telah sembuh.
 
Sakit telinga
Penghilangan amandel dapat menyebabkan Anda merasakan sakit telinga setelah operasi. Nyeri sakit telinga biasanya ringan atau sedang dan dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mendengar secara normal.
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Penyakit - Template by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.